Jumat, Agustus 10, 2018

KPJ KPMJB dan HMMSU Sukses mengadakan Seminar Sejarah dan Peradaban Islam


KPJMesir.org - Sejarah merupakan potret menarik untuk menatap masa depan. Didalamnya terdapat ibrah dari berbagai kejadian dimasa lalu dan dapat dijadikan acuan untuk menggapai masa depan yang lebih cerah. Oleh karena itu, sejarah sangat penting untuk diselami dan dipelajari secara mendalam.  Di Aula Pasangrahan KPMJB Mesir, munculah salah satu event yang merupakan rangkaian dari 'Summer Education Festival' yaitu " Seminar Sejarah " yang diadakan oleh KPMJB, bekerjasama dengan KPJ dan HMMSU Mesir . Event ini terbuka untuk masisir yang telah mendaftarkan dirinya dalam format Google Form. Pada event ini, Masisir diajak untuk menyelami satu persatu jejak sejarah yang sangat menakjubkan di masa lalu bersama ust Indra Gunawan, MA .(Pakar Sejarah asal Medan, Sumatera Utara, Magister Sejarah dan Peradaban Fakultas Bahasa Arab Universitas Al Azhar Mesir), dikemas dengan 3 pertemuan yang sangat luar biasa.
.
Pada pertemuan pertama (28/07), masisir diajak untuk menyelami berbagai  hal seputar seluk beluk Sejarah, Sirah Na0bawiyah, Sirah Khulafaur Rasyidin, Dinasti Umayyah, Dinasti Abbasiyah dan Futuhat Islamiyyah.  Kemudian pada pertemuan kedua (30/07), masisir diajak untuk menyelami jejak sejarah perang salib dan invasi Mongol, Turki Utsmani, Dinasti Fatimiyyah Ayyubiyyah, Andalusia, era keemasan Islam dan Perang Salib 1&2. Terakhir pada pertemuan ketiga (04/08), masisir diajak untuk menyelami jejak sejarah Kolonialisme, Zionisme dan Palestina, Syiah, Wahabi dan ISIS, Konflik Timur Tengah, Dunia Kontemporer dan Geliat Kebangkitan Islam.
.
Tiga pertemuan tersebut dikemas dengan sangat apik dan asyik. Para peserta tampak antusias dengan berbagai jejak sejarah yang diselami bersama sang pakar sejarah asal Indonesia tersebut. Satu persatu jejak sejarah diselami dan dipelajari secara mendalam melalui tiga metode, pertama: metode ceramah dengan dibantu PowerPoint dan modul yang disusun sendiri oleh beliau, kedua: metode tanya jawab peserta-pemateri dan pemateri peserta, terakhir: kesimpulan dari pertanyaan oleh sang moderator.
.
Dari sisi urgensitas sendiri Indra Gunawan mengatakan bahwa betapa pentingnya mempelajari sejarah, ia melihat bahwa banyak sekali dampak positif yang didapat setelah mempelajari sejarah secara mendalam. Terdapat motivasi yang tersirat dari mempelajarinya, diantaranya seperti yang telah dikatakan oleh ust Indra: " Sejarah membuat kita merenung, tidak boleh putus asa !". 

Sejarah merupakan pedoman konkrit bagi seseorang dalam mewujudkan cita-citanya, karena didalam sejarah terdapat ibrah tentang berbagai kejadian yang terjadi di masa lalu,bagaimana orang-orang Islam dahulu mampu meraih kejayaan, dan lain-lain. Generasi muda harus banyak belajar dari pendahulunya. Sejarah sebagai potret untuk menatap masa depan yang lebih cerah. Beliau juga menganjurkan kepada para pemuda,khususnya masisir untuk selalu optimis dan tak kenal menyerah dalam berjuang menggapai masa depan yang lebih cerah.


*Penulis : Kominfo 18-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar